Musik Tradisional

Musik dapat digunakan sebagai mengukapkan perasaan yang dirasakan oleh setiap manusia. Dari hal ini dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
·         Musik vokal adalah musik yang sumber bunyinya dari suara manusia.
·         Musik instrumen artinya dengan alat musik
·         Musik campuran adalah musik yang merupakan gabungan dari musik vokal dan instrument.
Musik berdasarkan jenis dibagi menjadi dua, yaitu:
·         Musik tradisional
·         Musik modern
Fungsi Musik
            Fungsi musik secara umum meliputi fungsi individu dan fungsi social.
a.       Fungsi Individu
Musik adalah sebagai media berekspresi atau ungkapan batin dan rasa manusia. Ungkapan tentang rasa sedih, gembira, kekaguman, terhadap alam, ungkapan cinta, dan ungkapan pemujaan terhadap Tuhannya.
b.      Fungsi Sosial
Digunakan untuk kepentingan sosial, antara lain fungsinya adalah:
1)      Sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat dan untuk memberikan tanda.
2)      Untuk diperdengarkan upacara hari-hari besar
3)      Untuk mengiring gerak tarian klasik atau tradisonal
4)      Sebagai sarana hiburan
5)      Untuk mengiringi upacara adat tradisi daerah
6)      Untuk fungsi pembelajaran atau pendidikan agar memiliki rasa kepekaan.
Fungsi Musik Tradisonal
            Musik tradisi adalah musik yang bersumber dan digunakan untuk tradisi budaya maupun sebagai identitas daerah itu sendiri. Musik Tradisional biasanya bersifat sederhana dan turun temurun. Musik tradisional memiliki ciri khas yang berbeda tergantung dari mana sang musik itu berasal. Namun musik daerah memiliki banyak kesamaan dalam fungsinya. Beberapa fungsinya antara lain:
1)      Sebagai musik duniawai
2)      Sebagai musik sacral atau religi
3)      Sebagai alat atau media untuk bercerita
4)      Sebagai pelengkap tari-tarian daerah
Latar Belakang Musik Tradisional
            Latar belakang musik tradisional adalah berkaitan (tidak bisa lepas) dengan kehidupan masyarakat. Musik ini dipengaruhi oleh adat, tradisi dan budaya masyarakat itu sendiri. Pada umumnya, musik tradisi menjadi milik masyrakat bersama. Tidak diketahui siapa pencipta dari musik tradisi ini, baik musik trades ataupun modern. Musik tradisional dengan kesederhaannya adalah suata warisan yang berharga dari para leluhur selain sebagai budaya, musik tradisional juga berfungsi sebagai identitas yang memiliki nilai luhur.
            Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam musik tradisional dengan latar belakang sebagai berikut:
a)      Seni musik sebagai alat ekspresi untuk mencetuskan isi hati, ide, gagasan manusia
1.      Didalam gamelan Jawa ada beberapa gending yang mengungkapkan rasa duka atau kesedihan, yaitu gending atau lagu megatruh, durmo, mijil. Rasa gembira diungkapkan dengan lagu pucung, rasa kasih mesra melankolis diungkapkan melalui lagu sinom parijotho
2.      Gamelan bali menunjukan ungkapan ekspresi yang dinamis dalam mengiringi gerak tari
3.      Suara seruling dan gamelan sunda sebagai ekspresi rasa lembut, syahdu, dan pilu yang menyat hati akan menimbulkan rasa bagi yang mendengarkan.
b)      Musik tradisi mengandung nilai seni yang tinggi (artistik) dan nilai indah (estetis). Dalam hal ini musik tradisi dapat menjadi musik seni. Musik seni adalah musik yang diciptakan untuk keindahan musik itu sendiri.
Berikut ini beberapa contoh musik tradisi yang menjadi musik seni:
1)      Uyon-Uyon (gamelan Jawa Tengah) yang memainkan lagu atau gending-gending langen “Gito Sri Narendro” dan “Kutut Manggung”
2)      Musik tradisi Jawa Barat, seperti “Gending Cianjuran” yang menonjolkan vokal khas (pesinden) Cianjur dan Celempungnya yang merupakan jenis musik yang mengutamakan vokal (nyanyian) dang ending.
c)      Musik tradisi dapat dijadikan sebagai alat bermain bagi anak-anak dan orang dewasa.
Musik tradisi yang berisi permainan terdapat pada lagu-lagu dolanan (bermain) yang hampir memiliki setiap daerah. Lagu-lagu dolanan tersebut tidak hanya digunakan untuk hiburan semata tapi salah satu bentuk puisi tradisional yang mampu menumbuhkan emosi, fantasi, dan imajinasi yang memiliki nilai-nilai pendidika.

#sumber Kreasi Seni Budaya, Ario Kartono dkk, Ganeca Exact# https://rianadeivy.wordpress.com/2013/11/06/seni-musik-tradisonal/