kegiatan menilai karya tari

Perlu kamu pahami di awal bahwa kegiatan menilai karya tari bukan memaknainya dengan memberikan penilaian angka dari kualitas karya tari yang ditampilkan. Akan tetapi, pemahaman menilai karya tari adalah kegiatan memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap karya tari yang dibuat orang lain. Dalam kegiatan kritik tari terdapat bagian dalam memberikan penilaian terhadap karya tari orang lain. Materi penilaian yang diberikan isinya dapat berupa ulasan materi pertunjukan secara keseluruhan atau komentar dari materi tari yang diapresiasi.
Permasalahan lainnya yang penting dipahami dan diketahui oleh kamu, menilai karya tari atau melakukan kritik tari tidak akan hanya terfokus pada pembahasan masalah gerak saja. Akan tetapi, fokus masalah akan berkembang untuk diamati juga beberapa unsur pertunjukan lainnya sebagai materi pembahasan kritik tari. Unsur-unsur ini menjadi bagian integral dari penyajian karya tari yang ditampilkan secara utuh. Adapun penyajian tari secara utuh Setelah memahami tentang pengertian, fungsi dan tujuan melakukan kritik tari. Kamu perlu memahami pula tentang materi apa saja yang perlu diperhatikan pada saat melakukan kegiatan kritik tari. akan terkait dengan masalah musik, tata busana, tata rias, tata pentas, tata lampu, artistik, penyelenggaraan pertunjukan, nilai, dan pesan dalam materi pertunjukan tari, serta masalah lainnya yang selalu berkaitan erat dengan pertunjukan tari.
Untuk dapat menilai karya tari diperlukan kepekaan pengamatan yang memerlukan konsentrasi. Oleh karena itu, diperlukan latihan dan belajar secara bertahap. Tahap pertama dimulai dengan menjadi apresiator atau pengamat seni yang baik dengan mencermati suatu peristiwa seni pertunjukan secara menyeluruh. Selanjutnya coba kamu perhatikan dan diskusikan dengan teman kelompok belajar kamu mengenai gambar peristiwa pertunjukan tari di bawah ini. Beberapa hal yang perlu didiskusikan, sebagai berikut.
1. Perhatikan dengan cermat dan baik tentang jenis pertunjukan tari dalam gambar.
2. Perhatikan dengan cermat dan baik tentang unsur-unsur dalam pertunjukan tari pada gambar.
3. Perhatikan pula tentang adanya nilai estetika, nilai etis dan nilai sosial dalam materi tari yang dipertunjukan.