keberadaan unsur pendukung dalam tari



Kekeliruan :
Sering kali banyak yang tidak memerhatikan dengan teliti dan menganggap hal penting keberadaan unsur pendukung dalam tari, seperti tata rias, tata busana, dan tata musik. Dalam pertunjukan tari di sekolah, siswa hanya dioptimalkan sebagai penari. Tidak diberikan pemahaman tentang keberadaan musik dalam tari. Dalam beberapa kegiatan pembelajaran tari di sekolah, siswa hanya belajar tentang gerak. Tidak diberikan pemahaman tentang jenis dan fungsi musik dalam tari.
Pembahasan :
Dengan menjelaskan secara rinci dan detail tentang masalah unsur-unsur pendukung dalam tari, maka siswa akan memiliki perangkat pengetahuan dan keterampilan dalam memahami sebuah pertunjukan tari dengan baik. Selain itu, pengetahuan ini dianggap penting untuk dipahami oleh siswa sebagai perangkat dasar pengetahuan mereka pada saat mempersiapkan karya tari yang akan diciptakannya nanti. Oleh karena dalam masalah ini, akan banyak dibicarakan tentang ide dan gagasan seorang penata tari dalam menentukan masalah tata rias, tata busana dan tata musik yang relevan dengan kebutuhan penyajiannya. Intinya, materi ini sangat penting dipahami oleh siswa dalam merancang atau membuat konsep garap tari sesuai dengan kebutuhan pertunjukan yang akan dikemasnya.
Sudah seyogianya diupayakan bahwa tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa tentang mengapresiasi karya tari tidak hanya pada fokus masalah gerak saja. Perlu diarahkan lebih luar dalam memahami persoalan unsur-unsur lainnya yang terdapat dalam penyajian tari secara utuh, diantaranya masalah unsur musik. Masalah unsur musik dalam pertunjukan tari sangat penting dipahami oleh siswa sebagai bagian penting dari pertunjukan tari yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Sekalipun tidak nampak secara langsung keberadaan alat musik dalam pertunjukan tari tersebut, tetapi masalah musik dalam pertunjukan tari sudah melekat di dalamnya. Dengan begitu, perangkat dasar pengetahuan dan keterampilan siswa akan terbentuk dengan baik sehingga mampu menganalisis dan mempersiapkan karya tari dengan konsep musik tari yang sesuai dengan ide dan gagasan karyanya.
Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, dalam pembelajaran tari seyogianya pengetahuan dan keterampilan siswa tentang mengapresiasi karya tari tidak hanya pada fokus masalah gerak saja. Perlu diarahkan lebih luas dalam memahami persoalan unsur-unsur lainnya yang terdapat dalam penyajian tari secara utuh, diantaranya masalah unsur musik. Keberadaan musik dalam tari memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan dimensi lain pertunjukan. Oleh karena dalam sebuah pertunjukan tari tidak hanya gerak yang menjadi media ungkap dalam menyampaikan makna dari seorang kreator seni. Akan tetapi, terdapat media ungkap lainnya yang memberikan pengaruh kuat dalam membantu menyampaikan pesan yang diungkapkan dalam bahasa gerak. Keberadaan bunyi atau unsur musik dalam tari mampu menjadi kekuatan dalam membantu menyampaikan maksud dari gerak yang dibuat dan dipresentasikan dalam suatu kegiatan pertunjukan.
Dengan begitu, sangat penting apabila siswa diberikan pemahaman yang menyeluruh dari persoalan jenis dan fungsi musik dalam sebuah pertunjukan tari. Hal ini dimaksudkan sebagai perangkat dasar dari pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengembangkan gagasannya pada saat membuat karya tari.