Pengertian dan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan

Coba perhatikan alat transportasi yang sering kita gunakan seharihari, sebagian besar alat transportasi tersebut menggunakan bahan bakar bensin atau solar bukan? Bahan bakar tersebut merupakan salah satu bentuk minyak bumi yang tidak diperbarui sehingga kamu sering mendengar bahwa sumber minyak bumi tersebut semakin lama semakin berkurang. Seiring kemajuan dibidang teknologi, saat ini sudah dikembangkan mobil atau motor yang memanfaatkan energi yang dapat diperbarui. Pernahkah kamu mendengar mobil atau motor tersebut?
menurut pendapatmu apakah pengertian teknologi ramah lingkungan?
Teknologi ramah lingkungan merupakan bentuk penerapan teknologi yang memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan. Teknologi tersebut bertujuan untuk memberi kemudahan dan pemenuhan kebutuhan manusia. Suatu teknologi dikatakan teknologi ramah lingkungan jika memenuhi syarat-syarat tertentu. Tahukah kamu apa syaratnya?
Ayo, Kita Cari Tahu
Perhatikan teknologi yang ada lingkungan sekolah atau rumahmu! Sebutkan nama teknologi dan di mana teknologi tersebut digunakan? Apakah teknologi tersebut ramah lingkungan? Apa saja syarat-syarat teknologi ramah lingkungan? Jelaskan!
Untuk mempermudah kegiatanmu, lakukan kegiatan tersebut dalam kelompok. Gunakan sumber-sumber lain seperti buku, internet atau sumber lain untuk melengkapi hasil diskusimu. Kamu juga dapat bertanya pada orang tuamu atau keluargamu.
Teknologi ramah lingkungan bertujuan untuk menghasilkan berbagai produk dan jasa untuk kepentingan manusia dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak menghasilkan limbah yang membahayakan lingkungan. Selain itu, teknologi ramah lingkungan juga dapat menggunakan bahan yang dapat didaur ulang. Masih ingatkan kamu dengan sumber energi kelistrikan pada Bab 5? Sumber energi kelistrikan dapat berasal dari matahari, angin, dan air. Sumber energi alternatif juga dipilih karena dapat diperbarui dan tidak mencemari lingkungan.
Lingkungan sekitar kita tidak lepas dari pemanfaatan teknologi, mulai di bidang pertanian, industri besar, dan industri skala rumah tangga. Pemanfaatan teknologi yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, kamu harus memperhatikan lingkungan di sekitarmu. Selain untuk menjaga kelestarian alam, menjaga lingkungan bermanfaat untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Sumber : Buku k 13 Ilmu Pengetahuan Alam kelas IX